logo gundar

logo gundar

Jumat, 27 Maret 2015

E-Bisnis

E-BISNIS


Ada dua hal dalam memberikan istilah E-Bisnis dalam perusahaan :
  1. Sebuah konsep yang diterapkan untuk strategi dan operasi.
  2. E-Bisnis digunakan sebagai sebuah sifat untuk menggambarkan bisnis utama yang beroperasi secara online.


Definisi
Ebusiness meliputi semua hal yang harus dilakukan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) untuk melakukan kegiatan bisnis antar organisasi maupun dari organisasi ke konsumen. (Sid L. Huff, dkk. 2000. Cases in Electronic Commerce. McGrawHill).

Ebusiness adalah mengenai penggunaan teknologi internet untuk melakukan transformasi proses bisnis yang dilakukan. Bentuk ebusiness yang paling mudah terlihat adalah pembelian barang secara online baik retail maupun grosir. (Samantha Shurety.1999. Ebusiness with Net.Commerce.Prentice Hall).

Definisi ebusiness menurut IBM adalah sebuah pendekatan yang aman, fleksibel, dan terintegrasi untuk memberikan nilai bisnis yang berbeda dengan mengkombinasikan sistem dan proses yang menjalankan operasi bisnis utama dengan pemanfaatan teknologi internet. (Christoper Stoole. 2000. Ebusiness – Just What is It? http://ebusiness.about.com/industry).

Definisi secara umum, E-Bisnis adalah pertukaran informasi yang dimediasi secara elektronik didalam organisasi dan eksternal stakeholder untuk mendukung proses bisnis ( E-Business and E-Commerce management, Dave Chaffey, 2007).

Definisi menurut IBM (http://www.ibm.com/e-business) E-Bisnis adalah sebuah transformasi dari kunci proses bisnis melalui penggunaan teknologi internet. Menurut Departemen Perdagangan dan Industri UK, DTI 2000 menggambarkan E-Bisnis adalah integrasi penuh terhadap penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam operasional proses bisnis.

E-bisnis adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan bisnis yang dijalankan pada internet, atau penggunaaan teknologi internet untuk meningkatkan produktivitas dan keutungan dari suatu bisnis. (http://www.wisegeek.com/what-is-ebusiness.htm)


1.  E-Bisnis adalah aktifitas internal seperti proses produksi, manajemen inventaris, pengembangan produk, manajemen risiko, keuangan dan lain sebagainya.
2.            E-Bisnis adalah melingkupi sistem, pendidikan pelanggan, pengembangan produk, dll.
3.            E-Bisnis adalah mempertahankan pelanggan, pengembangan produk, dll

Manfaat bagi Konsumen :

1.         Memungkinkan konsumen berbelanja atau melakukan transaksi lainnya setiap saat (24 jam sehari) dan dari hampir semua lokasi.
2.            Memberikan pilihan produk dan pemasok yang lebih banyak kepada pelanggan.
3.       Memungkinkan konsumen dalam mendapatkan produk dan jasa yang lebih murah, karena konsumen bias berbelanja di banyak tempat dan melakukan perbandingan secara cepat.
4.    Dalam beberapa kasus, terutama produk yang terdigitalisasi, EBisnis memungkinkan pengiriman produk secara cepat dan realtime.
5.            Memungkinkan pelanggan untuk berpartisipasi dalam lelang virtual.


Referensi:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar