E-BISNIS
Ada dua hal dalam
memberikan istilah E-Bisnis dalam perusahaan :
- Sebuah konsep yang diterapkan untuk strategi dan operasi.
- E-Bisnis digunakan sebagai sebuah sifat untuk menggambarkan bisnis utama yang beroperasi secara online.
Definisi
E‐business meliputi
semua hal yang harus dilakukan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi
(ICT) untuk melakukan kegiatan bisnis antar organisasi maupun dari organisasi
ke konsumen. (Sid L. Huff, dkk. 2000. Cases in Electronic Commerce. McGraw‐Hill).
E‐business adalah
mengenai penggunaan teknologi internet untuk melakukan transformasi proses
bisnis yang dilakukan. Bentuk e‐business
yang paling mudah terlihat adalah pembelian barang secara online baik retail
maupun grosir. (Samantha Shurety.1999. E‐business with
Net.Commerce.Prentice Hall).
Definisi e‐business menurut
IBM adalah sebuah pendekatan yang aman, fleksibel, dan terintegrasi untuk
memberikan nilai bisnis yang berbeda dengan mengkombinasikan sistem dan proses
yang menjalankan operasi bisnis utama dengan pemanfaatan teknologi internet.
(Christoper Stoole. 2000. E‐business
– Just What is It? http://ebusiness.about.com/industry).
Definisi secara umum, E-Bisnis
adalah pertukaran informasi yang dimediasi secara elektronik didalam organisasi
dan eksternal stakeholder untuk mendukung proses bisnis ( E-Business and
E-Commerce management, Dave Chaffey, 2007).
Definisi menurut IBM (http://www.ibm.com/e-business)
E-Bisnis adalah sebuah transformasi dari kunci proses bisnis melalui penggunaan
teknologi internet. Menurut Departemen Perdagangan dan Industri UK, DTI 2000
menggambarkan E-Bisnis adalah integrasi penuh terhadap penggunaan teknologi
informasi dan komunikasi dalam operasional proses bisnis.
E-bisnis adalah istilah yang
digunakan untuk menggambarkan bisnis yang dijalankan pada internet, atau
penggunaaan teknologi internet untuk meningkatkan produktivitas dan keutungan
dari suatu bisnis. (http://www.wisegeek.com/what-is-ebusiness.htm)
1. E-Bisnis adalah
aktifitas internal seperti proses produksi, manajemen inventaris, pengembangan
produk, manajemen risiko, keuangan dan lain sebagainya.
2.
E-Bisnis adalah
melingkupi sistem, pendidikan pelanggan, pengembangan produk, dll.
3.
E-Bisnis adalah
mempertahankan pelanggan, pengembangan produk, dll
Manfaat bagi Konsumen :
1. Memungkinkan konsumen
berbelanja atau melakukan transaksi lainnya setiap saat (24 jam sehari) dan
dari hampir semua lokasi.
2.
Memberikan pilihan
produk dan pemasok yang lebih banyak kepada pelanggan.
3. Memungkinkan konsumen
dalam mendapatkan produk dan jasa yang lebih murah, karena konsumen bias berbelanja
di banyak tempat dan melakukan perbandingan secara cepat.
4. Dalam beberapa kasus,
terutama produk yang terdigitalisasi, E‐Bisnis
memungkinkan pengiriman produk secara cepat dan real‐time.
5.
Memungkinkan pelanggan
untuk berpartisipasi dalam lelang virtual.
Referensi:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar