E-COMMERCE
Secara sederhana istilah ini
digunakan untuk menunjukkan pembelian dan penjualan menggunakan teknologi
internet.Tetapi istilah E-Commerce itu sendiri bukan hanya sekedar transaksi
keuangan secara elektronik melalui organisasi dan pelanggan saja melainkan juga
merujuk pada semua mediasi transaksi secara elektronik antara organisasi dan
pihak ketiga.Jadi dengan definisi ini permintaan pelanggan berupa informasi
juga bisa disebut sebagai bagian dari E-Commerce.
E-Commerce dan E-Bisnis adalah
dua hal yang sama sekali berbeda namun sayangnya kebanyakan dari kita selalu
menukar penggunaannya. Alasan di balik penggunaan yang salah ini terletak pada
arti dari “bisnis” dan “commerce” dalam
bahasa Inggris. Tetapi terdapat perbedaan antara E-Commerce dan E-Bisnis.
Ada banyak orang bijak memahami
perbedaan antara keduanya dan selalu ada sebuah perdebatan antara kedua
kelompok tentang perbedaan dan persamaan antara e commerce dan e bisnis.
Tujuan dari penulisan artikel ini
adalah untuk memperjelas perbedaan antara keduanya, karena memang merupakan
fenomena yang sama sekali berbeda.
Definisi
Kalakota dan Whinston
(1997) mendefinisikan E‐COMMERCE (EC)
dari beberapa perspektif berikut :
- Dari perspektif komunikasi, EC merupakan pengiriman informasi, produk/layanan, atau pembayaran melalui lini telepon, jaringan komputer atau sarana elektronik lainnya.
- Dari perspektif proses bisnis, EC merupakan aplikasi teknologi menuju otomatisasi transaksi dan aliran kerja perusahaan.
- Dari perspektif layanan, EC merupakan satu alat yang memenuhi keinginan perusahaan, konsumen, dan manajemen dalam memangkas service cost ketika meningkatkan mutu barang dan kecepatan pelayanan.
- Dari perspektif online, EC kepasitas jual beli produk dan informasi di Internet dan jasa online lainnya.
Manfaat bagi Konsumen :
- Electronic Commerce memungkinkan pelanggan untuk berbelanja atau melakukan transaksi lain selama 24 jam sehari sepanjang tahun dari hampir setiap lokasi.
- Electronic Commerce memberikan lebih banyak pilihan kepada pelanggan; mereka bisa memilih berbagai produk dari banyak vendor.
- Electronic Commerce menyediakan produk‐produk dan jasa yang tidak mahal kepada pelanggan dengan cara mengunjungi banyak tempat dan melakukan perbandingan secara cepat.
- Dalam beberapa kasus, khususnya pada produk‐produk yang digitized, EC menjadikan pengiriman menjadi sangat cepat.
- Pelanggan bisa menerima informasi relevan secara detail dalam hitungan detik, bukan lagi hari atau minggu.
Re
ReReferensi :
Rr
Tidak ada komentar:
Posting Komentar